Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122307
Title: Parenting Self Efficacy pada Orang Tua Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus (Studi pada Sekolah Islam Cahaya Nurani Sumbersari Kabupaten Jember)
Authors: ERISTANTI, Cindy
Keywords: Parenting
Self Efficacy
Orang Tua
Anak Usia Dini
Berkebutuhan Khusus
Issue Date: 20-Jun-2023
Publisher: Fakultas keguruan dan ilmu pedidikan
Abstract: Menjadi orang tua bukanlah tugas yang mudah, oleh karena itu orang tua perlu memahami tentang pola perawatan anak sebagai bekal ketika anak hadir dalam keluarga. Model pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anak-anak dengan kebutuhan khusus Berbeda dengan anak-anak normal dengan orang tua normal. Dalam mendidik dan Menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus membutuhkan kesabaran dan pengetahuan khusus untuk Mampu membimbing anak dengan baik. Banyak kasus tingkat stres yang tinggi, depresi yang berasal dari orang tua anak-anak dengan kebutuhan khusus. Orangtua ingin menekankan semua keinginan mereka di luar kemampuan anak-anak mereka. Berdasarkan definisi tersebut, formula Salah satu masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Parenting Self-Efficacy pada Orangtua dari usia dini. kebutuhan khusus anak. Berdasarkan formulasi masalah, tujuan dari Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Parenting Self Efficacy pada orang tua anak usia dini berkebutuhan khusus di sekolah Islam cahaya nurani sumbersari kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data adalah yang diperoleh dari beberapa informant, yaitu orang tua sebagai informan utama dan kepala sekolah sebagai pendukung informasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik: wawancara dan dokumentasi. Untuk akurasi data teknik pengujian, perpanjangan pengamatan, peningkatan konsistensi, dan Triangulasi yang digunakan. Selain teknik analisis data melalui data reduksi, presentasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki tingkat self efficacy yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perawatan orang tua untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus dilihat dari tiga Dimensi: level, generalitas dan streght. Saran yang dapat diberikan adalah untuk kepala sekolah untuk lebih memperhatikan kebutuhan orang tua dengan anak psikolog di sekolah dengan membuat jadwal rutin tanpa orang tua harus Tanyakan dulu waktu. Orang tua disarankan untuk lebih mengenal dan memahami potensi, kelebihan, bakat, dan minat anak-anak sehingga orang tua dapat lebih Mudah untuk meningkatkan perkembangan anak. Kata Kunci: Parenting, Anak usia dini, Berkebutuhan khusus
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122307
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CINDY ERISTANTI_190210201022.pdf
  Until 2027-07-29
2.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools