Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122307
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ERISTANTI, Cindy | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-16T01:13:12Z | - |
dc.date.available | 2024-07-16T01:13:12Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-20 | - |
dc.identifier.nim | 190210201022 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122307 | - |
dc.description.abstract | Menjadi orang tua bukanlah tugas yang mudah, oleh karena itu orang tua perlu memahami tentang pola perawatan anak sebagai bekal ketika anak hadir dalam keluarga. Model pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anak-anak dengan kebutuhan khusus Berbeda dengan anak-anak normal dengan orang tua normal. Dalam mendidik dan Menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus membutuhkan kesabaran dan pengetahuan khusus untuk Mampu membimbing anak dengan baik. Banyak kasus tingkat stres yang tinggi, depresi yang berasal dari orang tua anak-anak dengan kebutuhan khusus. Orangtua ingin menekankan semua keinginan mereka di luar kemampuan anak-anak mereka. Berdasarkan definisi tersebut, formula Salah satu masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Parenting Self-Efficacy pada Orangtua dari usia dini. kebutuhan khusus anak. Berdasarkan formulasi masalah, tujuan dari Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Parenting Self Efficacy pada orang tua anak usia dini berkebutuhan khusus di sekolah Islam cahaya nurani sumbersari kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data adalah yang diperoleh dari beberapa informant, yaitu orang tua sebagai informan utama dan kepala sekolah sebagai pendukung informasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik: wawancara dan dokumentasi. Untuk akurasi data teknik pengujian, perpanjangan pengamatan, peningkatan konsistensi, dan Triangulasi yang digunakan. Selain teknik analisis data melalui data reduksi, presentasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki tingkat self efficacy yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perawatan orang tua untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus dilihat dari tiga Dimensi: level, generalitas dan streght. Saran yang dapat diberikan adalah untuk kepala sekolah untuk lebih memperhatikan kebutuhan orang tua dengan anak psikolog di sekolah dengan membuat jadwal rutin tanpa orang tua harus Tanyakan dulu waktu. Orang tua disarankan untuk lebih mengenal dan memahami potensi, kelebihan, bakat, dan minat anak-anak sehingga orang tua dapat lebih Mudah untuk meningkatkan perkembangan anak. Kata Kunci: Parenting, Anak usia dini, Berkebutuhan khusus | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas keguruan dan ilmu pedidikan | en_US |
dc.subject | Parenting | en_US |
dc.subject | Self Efficacy | en_US |
dc.subject | Orang Tua | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.subject | Berkebutuhan Khusus | en_US |
dc.title | Parenting Self Efficacy pada Orang Tua Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus (Studi pada Sekolah Islam Cahaya Nurani Sumbersari Kabupaten Jember) | en_US |
dc.type | Other | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Luar Sekolah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fuad Hasan, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Frimha Purnamawati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Mei_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
CINDY ERISTANTI_190210201022.pdf Until 2027-07-29 | 2.55 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools