Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122264
Title: Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menginap di Hotel RedDoorz Syariah Billy Dimmy Homestay Bondowoso
Authors: 

HASANAH, Uswatun
Keywords: Pengaruh Harga
Promosi
Kualitas Pelayanan
Keputusan Menginap
Issue Date: 7-Nov-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Segala hal yang memberikan manfaat, kepuasan dan kemakmuran baik secara jasmani maupun rohani manusia disebut kebutuhan. Sifat alami manusia yang tidak pernah puas dan selalu merasa kurang menjadikan kebutuhannya tidak terbatas namun alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas. Salah satu kebutuhan manusia yang perlu dipenuhi adalah kebutuhan menginap untuk mempermudah kegiatan mereka dalam kegiatan bekerja di luar kota, liburan atau sekadar menginap untuk staycation. Menginap di suatu tempat penginapan perlu adanya proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu harga, fasilitas, promosi, tempat dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap di Hotel RedDoorz Syariah Billy Dimmy Homestay Bondowoso. Penelitian ini dilakukan dengan memilih konsumen yang pernah menginap di Hotel RedDoorz Syariah Billy Dimmy Homestay Bondowoso. Sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling yang memberikan peluang yang sama kepada seluruh populasi untuk menjadi anggota sampel, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan simple random sampling yaitu sampel tidak bergantung pada strata di suatu populasi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara menggunakan kuesioner pada 102 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap variabel keputusan menginap. Hasil penelitian ini berdasarkan uji F menunjukkan bahwa variabel harga, promosi, dan kualitas pelayanan secara bersama berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menginap. Sedangkan berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menginap, variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan menginap, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap. Dapat disimpulkan bahwa harga yang ditawarkan, promosi yang dilakukan, dan pelayanan yang diberikan secara serentak berpengaruh terhadap keputusan menginap konsumen. Namun secara parsial promosi yang dilakukan tidak berpengaruh terhadap keputusan menginap konsumen.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122264
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Uswatun Hasanah.pdf
  Until 2028-12-04
1.28 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools