Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122168
Title: Peran Mediasi Memorable Tourism Experience Pada Pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Gunung Bromo
Authors: CAHYANI, Devina Widya
Keywords: Memorable Tourism Experience
Destination Attributes
Tourist Engagement
Revisit Intention
Issue Date: 25-Jun-2024
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia yang terus menunjukkan potensi besar terutama pasca pandemi Covid19. Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu fokus pengembangan wisata, salah satunya destinasi utama yaitu Gunung Bromo. Sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Indonesia, Gunung Bromo berupaya meningkatkan daya saingnya melalui pengalaman wisata yang berkesan atau Memorable Tourism Experience (MTE). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai strategi efektif untuk mengembangkan destinasi wisata alam di Indonesia melalui peningkatan MTE, Atribut destinasi, dan Tourist Engagement. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement secara langsung terhadap Minat Berkunjung Kembali serta pengaruh tidak langsungnya terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui MTE. Penelitian ini merupakan jenis explanatory research dengan populasi yang digunakan adalah wisatawan se-Indonesia (domestik) yang pernah berkunjung ke Bromo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan beberapa kriteria, didapatkan sejumlah 200 responden. Data yang diperoleh dianalis menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Atribut Destinasi dan MTE berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali, sedangkan Tourist Engagement tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali. Selain itu, Atribut Destinasi dan Tourist Engagement berpengaruh signifikan terhadap MTE wisatawan. Hasil lainnya juga menunjukkan bahwa MTE mampu memediasi pengaruh Atribut Destinasi dan Tourist Engagement terhadap Minat Berkunjung Kembali.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juli 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122168
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Unej_Devina Wdya Cahyani_200810201003.pdf
  Until 2028-07-11
2.16 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools