Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122105
Title: Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Ipa Kelas V Sdn Patrang 01
Authors: NURHAYATI, Eka Dewi
Keywords: Contextual Teaching and Learning
Higher Order Thinking Skill
Hasil Belajar
Model Pembelajaran
Issue Date: 17-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V SDN Patrang 01 setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Patrang 01 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil observasi hasil belajar secara klasikal pada prasiklus 63,78% (kategori kurang baik), meningkat menjadi 70,91% (kategori cukup baik) pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 77,82% (kategori cukup baik) pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis HOTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas V SDN Patrang 01. Kata Kunci : model contextual teaching and learning, HOTS, hasil belajar siswa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122105
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
160210204062.pdf
  Until 2028-07-26
2.97 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools