Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121780
Title: Analisis Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Minuman Sari Edamame di PT Mitratani Dua Tujuh
Authors: FIANDRA, Muhammad Alif
Keywords: MINUMAN SARI EDAMAME
FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL
STRATEGI PEMASARAN
STRATEGI OPERASIONAL
Issue Date: 7-Nov-2023
Publisher: Fakultas Teknologi Pertanian
Abstract: PT Mitratani Dua Tujuh merupakan anak perusahaan PTPN X yang bergerak dalam industri sayuran beku dengan produk utama edamame beku. PT Mitratani Dua Tujuh menciptakan produk baru dengan bahan dasar edamame grade Bahan Baku Mukimame (BBM) yakni minuman sari edamame. PT Mitratani Dua Tujuh memiliki beberapa kekuatan yang mampu dijaga dan dipertahankan guna mencapai keberhasilan bisnis. Dengan menjaga kekuatan-kekuatan ini, PT Mitratani Dua Tujuh dapat menjadi pilar untuk meraih keberhasilan dalam pemasaran minuman sari edamame. PT Mitratani Dua Tujuh dalam memasarkan produk minuman sari edamame mengalami beberapa tantangan. Dampak dari tantangan tersebut berpengaruh terhadap volume penjualan minuman sari edamame yang tidak tercapainya target yang diharapkan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan yang menjadi dasar dalam merumuskan strategi pemasaran produk minuman sari edamame PT Mitratani Dua Tujuh, merumuskan alternatif strategi pemasaran, menentukan prioritas strategi operasional pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal perusahaan yang perlu mendapat perhatian lebih adalah networking yang cukup luas dengan distributor untuk branding dan pengiklanan, kemasan hanya satu ukuran dan anggaran promosi yang tidak banyak. Faktor ekstenal perusahaan yang perlu mendapat perhatian lebih adalah perluasan distribusi pada kota besar secara nasional dan ekspor serta distributor & konsumen yang kurang puas dengan produk dan pelayanan. Alternatif strategi yang menjadi prioritas utama adalah melakukan riset untuk memperluas pasar. Strategi operasional yang menjadi prioritas adalah identifikasi dan analisis pasar. Perusahaan dapat mengidentifikasi segmen pasar potensial, melakukan analisis mendalam terkait kebutuhan dan keinginan konsumen serta melakukan uji pasar sebelum produk benar-benar dirilis ke pasar.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 30 Juni 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121780
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository muhammad alif fiandra.pdf
  Until 2028-01-12
1.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools