Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121610
Title: Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK
Authors: ASY’ARI, I’Lman Hadi
ASY’ARI, I’lman Hadi
Keywords: Model Discovery Learning
PhET Simulation
Sikap Ilmiah
Hasil Belajar
Issue Date: 29-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Sikap ilmiah memiliki korelasi dengan hasil belajar yang dihasilkan siswa setelah melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan sikap ilmiah dan mengkaji pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET pada materi energi dan perubahannya terhadap hasil belajar fisika siswa SMK. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen menggunakan Post Test Only Control Group Design. Hasil data dari sikap ilmiah diperoleh pada saat observasi, dan hasil belajar diperoleh setelah pemberian posttest pada kelas eksperimen. Sikap ilmiah siswa yang diamati memperoleh rata-rata persentase sebesar 81,2% yang termasuk dalam kategori cukup. Kemudian, post-test yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor eksperimen dan kelas kontrol yaitu 66,6 dan 73,6, dan setelah dilakukan uji t diketahui bahwa nilai signifikansinya < 0,005 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET. Kesimpulan Penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa di SMK.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121610
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc-halaman.pdf
  Until 2028-04-11
784.43 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools