Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121610
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorASY’ARI, I’Lman Hadi-
dc.contributor.authorASY’ARI, I’lman Hadi-
dc.date.accessioned2024-06-19T07:34:02Z-
dc.date.available2024-06-19T07:34:02Z-
dc.date.issued2024-01-29-
dc.identifier.nim200210102048en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121610-
dc.description.abstractSikap ilmiah memiliki korelasi dengan hasil belajar yang dihasilkan siswa setelah melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan sikap ilmiah dan mengkaji pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET pada materi energi dan perubahannya terhadap hasil belajar fisika siswa SMK. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen menggunakan Post Test Only Control Group Design. Hasil data dari sikap ilmiah diperoleh pada saat observasi, dan hasil belajar diperoleh setelah pemberian posttest pada kelas eksperimen. Sikap ilmiah siswa yang diamati memperoleh rata-rata persentase sebesar 81,2% yang termasuk dalam kategori cukup. Kemudian, post-test yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor eksperimen dan kelas kontrol yaitu 66,6 dan 73,6, dan setelah dilakukan uji t diketahui bahwa nilai signifikansinya < 0,005 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET. Kesimpulan Penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari model Discovery Learning berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa di SMK.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Discovery Learningen_US
dc.subjectPhET Simulationen_US
dc.subjectSikap Ilmiahen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMKen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kes., M. C. E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M. C. E.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 19en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc-halaman.pdf
  Until 2028-04-11
784.43 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools