Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121413
Title: Pengaruh Shopping Lifestyle dan Flash Sale melalui Positive Emotion terhadap Impulse Buying pada ECommerce Shopee
Authors: FAJARIANI, Christina Rizqi
Keywords: Impulse Buying
Positive Emotion
Flash Sale
Shopping Lifestyle
Issue Date: 20-Mar-2024
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Perkembangan internet yang pesat di Indonesia mencerminkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terbukti dari data survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 2023 mencatat penetrasi internet mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Hal ini telah mengubah cara individu berbelanja dengan meningkatnya perdagangan elektronik (e-commerce). Salah satu e-commerce yang bermunculan di Indonesia yaitu Shopee dengan kampanye promosi besar seperti "Shopee 9.9 Sale", berhasil mempertahankan posisi unggulnya dengan jumlah pengunjung terbanyak selama dua tahun terakhir. Fitur yang ditawarkan Shopee mendorong gaya hidup konsumen dan berdampak pada perubahan pola perilaku berbelanja yaitu cenderung menjadi lebih impulsif dan tidak terencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh shopping lifestyle dan flash sale melalui positive emotion terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Penelitian ini menerapkan pendekatan explanatory research dengan populasi pengguna Shopee di seluruh Pulau Jawa. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel dengan jumlah responden sebanyak 205 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari pembagian kuesioner secara online melalui Google Form. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap positive emotion; (2) flash sale berpengaruh signifikan terhadap positive emotion; (3) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (4) flash sale berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (5) positive emotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying; (6) shopping lifestyle berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotion; dan (7) flash sale berpengaruh signifikan terhadap impulse buying melalui positive emotion
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121413
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi watermark.pdf
  Until 2028-04-11
1.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools