Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121077
Title: | Analisis Miskonsepsi Pokok Bahasan Pecahan Menggunakan Certainty of Response Index (Cri) Siswa Kelas V SD Negeri Tegalwaru 02 Jember |
Authors: | SUBAGIA, Reki |
Keywords: | Peserta didik Miskonsepsi Certainty of response index (CRI) Deskripsif kualitatif |
Issue Date: | 6-Jul-2023 |
Publisher: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
Abstract: | Peserta didik dalam memperlajari pembelajaran harus secara terus-menerus konsep matematika, hal ini diharapkan agar konsep yang dipelajari dapat dipahami dengan baik dan sesuai dengan konsep para ahli serta diharapkan pula tidak terjadi salah konsep atau miskonsepsi. Miskonsepsi diartikan sebagai konsepsi siswa yang tidak cocok dengan konsep yang benar, penggunaan konsep yang salah, dan pengertian yang tidak tepat akan konsep. Metode yang dapat digunakan untuk menganalisis miskonsepsi pada siswa yaitu dengan menggunakan teknik certainty of response index (CRI). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas V sekolah dasar pada materi pecahan menggunakan metode certainty of respose index (CRI). Bentuk rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Tegal Waru 02 tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode tes esai dan metode wawancara. Hasil yang didapat yakni persentase dari setiap jenis miskonsepsi dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan yaitu (a) 77,78% atau 14 siswa mengalami miskonsepsi operasi; (b) 94,44% atau 17 siswa mengalami miskonsepsi hitung; (c) 94,44% atau 17 siswa mengalami miskonsepsi sistematis; dan (d) 94,44% atau 17 siswa mengalami miskonsepsi konsep. Berdasarkan persentase tersebut, miskonsepsi operasi, hitung, sistematis, dan konsep termasuk dalam kategori tinggi. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121077 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools