Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121077
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUBAGIA, Reki-
dc.date.accessioned2024-06-06T02:27:29Z-
dc.date.available2024-06-06T02:27:29Z-
dc.date.issued2023-07-06-
dc.identifier.nim160210204137en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121077-
dc.description.abstractPeserta didik dalam memperlajari pembelajaran harus secara terus-menerus konsep matematika, hal ini diharapkan agar konsep yang dipelajari dapat dipahami dengan baik dan sesuai dengan konsep para ahli serta diharapkan pula tidak terjadi salah konsep atau miskonsepsi. Miskonsepsi diartikan sebagai konsepsi siswa yang tidak cocok dengan konsep yang benar, penggunaan konsep yang salah, dan pengertian yang tidak tepat akan konsep. Metode yang dapat digunakan untuk menganalisis miskonsepsi pada siswa yaitu dengan menggunakan teknik certainty of response index (CRI). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas V sekolah dasar pada materi pecahan menggunakan metode certainty of respose index (CRI). Bentuk rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Tegal Waru 02 tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode tes esai dan metode wawancara. Hasil yang didapat yakni persentase dari setiap jenis miskonsepsi dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan yaitu (a) 77,78% atau 14 siswa mengalami miskonsepsi operasi; (b) 94,44% atau 17 siswa mengalami miskonsepsi hitung; (c) 94,44% atau 17 siswa mengalami miskonsepsi sistematis; dan (d) 94,44% atau 17 siswa mengalami miskonsepsi konsep. Berdasarkan persentase tersebut, miskonsepsi operasi, hitung, sistematis, dan konsep termasuk dalam kategori tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectPeserta didik Miskonsepsi Certainty of response index (CRI) Deskripsif kualitatifen_US
dc.titleAnalisis Miskonsepsi Pokok Bahasan Pecahan Menggunakan Certainty of Response Index (Cri) Siswa Kelas V SD Negeri Tegalwaru 02 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARen_US
dc.identifier.pembimbing1Fajar Surya Hutama, SPd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 06en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf3.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools