Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120520
Title: Mutu Sensori, Kimia dan Harga Jual, serta Strategi Promosi Boba Rempah
Authors: ARABELLA, Elva
Keywords: Mutu Sensori
Strategi Promosi
Harga Jual Produk
Visual Branding
Issue Date: 10-Jul-2023
Publisher: Fakultas Teknologi Pertanian
Abstract: Minuman boba sangat digemari oleh masyarakat kekinian. Akan tetapi, konsumsi yang berlebih dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Masyarakat juga masih diharuskan menjaga kesehatan di era new Normal Covid-19 ini. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan produk boba yang diinovasikan dengan rempah yang memiliki kandungan tinggi antioksidan. Inovasi boba dengan rempah belum banyak dikembangkan, sehingga perlu diteliti mutu sensori, kimia, harga jual dan strategi promosi untuk dapat dikomersialkan. Produk dikembangkan dengan brand “Boba Rempah (Borem)”. Penelitian ini dilakukan untuk merancang mutu sensori sesuai harapan konsumen, mutu kimia, harga jual, dan strategi promosi produk Borem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan guna memperbaiki proses pembuatan produk Boba Rempah (Borem) dan pemahaman usahanya mulai dari pemformulasian, analisis mutu sensori, kimia dan harga jual, hingga perancangan desain promosinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif. Tahapan dari penelitian ini yaitu tahap formulasi awal (F1) dan desain visual produk Borem, tahap reformulasi, tahap evaluasi produk akhir hasil perbaikan (F2) yang meliputi mutu sensori, mutu kimia, nilai hpp dan harga jual, serta evaluasi promosi yang telah dilakukan. Formulasi awal didapatkan dari proses trial and error. Desain visual produk dilaksanakan menggunakan aplikasi canva. Tahap reformulasi dilakukan dengan membandingkan formulasi awal (F1) dengan harapan konsumen. Tahap evaluasi mutu produk dilaksanakan dengan membandingkan hasil uji organoleptik produk Borem perbaikan (F2) dengan harapan konsumen. Mutu kimia yang dievaluasi yaitu meliputi kadar karbohidrat, kadar lemak, kadar protein, dan kadar gula total. Nilai hpp dan harga jual masingmasing ditetapkan berdasarkan full costing dan value based pricing. Efektifitas promosi dievaluasi menggunakan google form yang diberikan kepada 85 responden. Mutu sensori produk Boba Rempah (Borem) hasil reformulasi (F2) memiliki nilai yang sesuai dengan harapan konsumen. Borem memiliki rasa ngerempah dengan nilai 6,2; rasa cukup manis dengan nilai 5,7; rasa jahe yang pedas dengan nilai 6,1; kekuatan aroma rempah yang kuat dengan nilai 5,5; aroma harum rempah dengan nilai 5,8; warna kecoklatan dengan nilai 5,9; aftertaste rempah yang berat dengan nilai 6,1; tekstur boba yang kenyal dengan nilai 6,1; dan secara keseluruhan produk Borem disukai dengan nilai 6. Mutu kimia Borem meliputi kadar karbohidrat 14,10%, kadar lemak 3,15%; kadar protein 3,49%; dan gula total 6,07%, serta aktivitas antioksidan sebesar 33,5%. Visual branding yang digunakan untuk promosi Borem meliputi logo, desain kemasan, kartu nama, brosur, dan standing banner. Promosi Borem secara online lebih efektif dibandingkan offline. Media sosial yang dinilai paling efektif untuk promosi Borem dan paling banyak digunakan oleh masyarakat yaitu instagram.
Description: validasi_repo_firli_november_2023_10 Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Mei 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120520
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Elva Arabella - 191710101066.pdf
  Until 2028-07-12
2.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools