Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119945
Title: | Pengembangan Game GAGERSS (Gaya dan Gerak Berbasis STEM) sebagai Media Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP |
Authors: | HIDAYATI, Siti Anisa |
Keywords: | Game GAGERSS (Gaya dan Gerak Berbasis STEM Pembelajaran Berdiferensiasi Berpikir Kreatif Siswa SMP |
Issue Date: | 23-Jan-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Keterampilan berpikir kreatif setiap individu akan dicapai dengan menghasilkan gagasan atau ide baru dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan sehingga terdapat berbagai macam jawaban. Pengaruh keterampilan berpikir kreatif sangat besar terhadap pemahaman konsep pembelajaran dan kemampuan memecahkan permasalahan dalam kegiatan pembelajaran (Rohman et al., 2021). Upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa paling efektif dan efisien yaitu menggunakan game edukasi. Game edukasi dikembangkan oleh peneliti dengan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering Mathematics). Game GAGERSS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip Sains, Teknologi, Engineering, dan Mathematics yang bisa dimanfaatkan pada pengembangan sistem, produk, dan proses kehidupan manusia. Materi IPA SMP/ MTS yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu Gaya dan Gerak karena memiliki penguasaan konsep materi rendah pada siswa dan memiliki keterkaitan langsung dengan kehidupan nyata. Berdasarkan uraian diatas, maka diperlukan “Pengembangan Game GAGERSS (Gaya dan Gerak berbasis STEM by SitiAnisaHidayati) sebagai Media Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari Pengembangan Game GAGERSS sebagai media pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yaitu teknik analisa data validitas dengan instrumen lembar validitas untuk menentukan kevalidan dari suatu produk, teknik analisa data kepraktisan dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan dan lembar respon siswa untuk menentukan kepraktisan produk yang digunakan dalam proses pembelajaran, teknik analisa data efektivitas dengan tes berupa pretest dan postest untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diukur menggunakan N-gain. Hasil dari validitas Game GAGERSS sebagai media pembelajaran berdiferensiasi materi gaya dan gerak dengan menggunakan lembar validasi mencapai presentase rata-rata dari ketiga aspek sebesar 92,8% yang artinya kesesuaian antara produk yang dihasilkan dengan kriteria pembuatan Game GAGERSS sudah valid. Hasil dari kepraktisan Game GAGERSS sebagai media pembelajaran berdiferensiasi materi gaya dan gerak dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 94,5% dengan kategori sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan modul ajar. Kepraktisan produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa yang terdiri dari indikator motivasi, tanggapan, ketertarikan, kepuasan, dan minat mencapai 87,1% menunjukkan bahwa kategori sangat baik. Hasil dari efektivitas Game GAGERSS sebagai media pembelajaran berdiferensiasi materi gaya dan gerak dengan menggunakan nilai gain pada pretest dan posttest di SMPN 3 Jember sebesar 0,73 dan di SMPN 5 Jember sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi sehingga keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat setelah menggunakan Game GAGERSS saat pembelajaran. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Game GAGERSS (Gaya dan Gerak berbasis STEM by SitiAnisaHidayati) sebagai media pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran berdiferensiasi IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 20 Februari 2024_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119945 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Siti Anisa Hidayati_220220104004_Tesis.pdf Until 2029-02-15 | 3.65 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.