Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119654
Title: Analisis Hubungan Kausalitas Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Perbankan (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia)
Authors: SYAFIRA, Lusy
Keywords: Kausalitas Profitabilitas
Corporate Social Responsibility
Perbankan
Issue Date: 27-Dec-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Pandemi Covid-19 merupakan wabah yang menyerang hampir diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan datangnya virus tersebut berdampak bagi semua sektor termasuk sektor ekonomi akibat dari diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bank Umum Syariah (BUS) merupakan salah satu perusahaan yang terdampak dengan kondisi tersebut dan BUS memiliki peran penting dalam pemulihan pasca pandemi ini. Sehingga, faktor yang mempengaruhi kestabilan BUS perlu untuk di analisis. Profitabilitas merupakan instrumen penting bagi kestabilan BUS dan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi salah satu faktor pendorongnya. Namun pada penelitian sebelumnya belum ada yang meneliti hubungan kedua variabel secara timbal balik. Maka dari itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kausalitas antara profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dengan CSR. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi entitas terkait dalam perencanaan demi kestabilan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitas dengan menggunakan uji kausalitas Granger. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang termasuk dalam pendekatan kuantitatif yang menggunakan data time series. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah jenis data sekunder yaitu berupa laporan keuangan tahunan bank umum syariah dan laporan ISR periode 2020- 2022. Dengan menggunakan aplikasi Eviews 12 uji kausalitas granger dilakukan dengan mencari panjang lag. Panjang lag dalam penelitian ini adalah 4 dan dengan panjang lag tersebut diperoleh hasil bahwa nilai probabilitas kedua arah antara ROA dengan CSR maupun CSR dengan ROA memiliki kurang dari nilai signifikansi yait 5%. Pada arah yang pertama yaitu ROA dengan CSR memiliki nilai probabilitas 0,0350 dan pada arah yang kedua yaitu CSR dengan ROA memiliki nilai probabilitas 0,0039. Sehingga dapat disimpulkan bahwa BUS yang menjadi objek dalam penelitian ini pada tahun 2020-2022 telah terbukti bahwa angka profitabilitas perusahaannya salah satunya disebabkan oleh CSR, dan begitu pula sebaliknya bahwa pengungkapan CSR yang semakin tinggi akan mempengaruhi profitabilitas perusahaan yang semakin tinggi pula
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119654
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
200810301101_SKRIPSI.pdf1.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools