Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119282
Title: Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya di Kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso
Authors: Holila
Keywords: PROJECT BASED LEARNING
POSTER
Issue Date: 3-Nov-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Siswa yang memiliki kecenderungan sulit untuk mandiri dalam belajar, sangat bergantung pada penjelasan guru, dan masih pasif adalah alasan mengapa pembelajaran berpusat pada guru sering dilakukan, misalnya ceramah atau diskusi saja. Peran penting guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar adalah dengan menciptakan model pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah model PjBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa pada bab 6 Indonesiaku kaya budaya di kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimental. Metode pengumpulan data meliputi penilaian hasil belajar siswa berupa pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah t hitung > t tabel (4.443 > 2.022). Perhitungan yang dilakukan menunjukkan hasil efektivitas relatif sebesar 42,98% dan dikategorikan sebagai efektivitas sedang. Berdasarkan perhitungan dengan uji t, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga,menunjukkan pengaruh positif model project based learning (PjBL) berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa pada bab 6 Indonesiaku kaya budaya di kelas IV SDN Bataan 1 Bondowoso.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119282
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-12-12
2.23 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools