Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118481
Title: Strategi Pemasaran Produk Kopi Robusta Bubuk Kahyangan Berbasis Kepuasan Konsumen
Authors: ZULVITA, Eka Andina
Keywords: Segmentasi Pasar
Kepuasan Konsumen
Marketing Mix
Kopi Robusta
Issue Date: 4-Jun-2023
Publisher: Fakultas Teknologi Pertanian
Abstract: Kopi bubuk robusta “Kahyangan” merupakan produk hasil Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kahyangan yang dikelola oleh BUMD Jember. Kopi robusta mempunyai rasa yang khas seperti coklat dan pahit, sedikit rasa asam, dan aroma yang manis. Saat ini Kopi Kahyangan belum banyak dikenal oleh pasar yang diduga terjadi karena belum adanya target segmen pasar yang jelas. Adanya segmentasi pasar menjadikan perusahaan mempunyai fokus dalam penjualannya dan memperluas jangkauan penjualan. Dengan adanya segmentasi pasar, perusahaan dapat menentukan sebuah strategi dalam memperluas pasar dan meningkatkan kepuasan konsumen. Konsumen akan merasa puas jika produk yang dibeli sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dilakukan identifikasi segmen pasar dan pengukuran kepuasan konsumen guna menetapkan strategi pemasaran yang tepat di Perumda Perkebunan Kahyangan. Metode yang digunakan dalam penentuan segmentasi pasar ialah dengan analisis k-means cluster yang merupakan suatu kelas teknik dalam membagi objek atau kasus kedalam kelompok yang relatif homogen. Pada penelitian ini, terdapat tiga segmentasi yang digunakan yaitu segmentasi demografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Adapun pengukuran kepuasan konsumen dilakukan dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Atribut produk yang digunakan berupa warna, aroma, tekstur, rasa pahit, manis, asam, fruity, smoky, jenis kemasan, volume produk, desain kemasan, dan informasi produk. Selajutnya, penetapan strategi pemasaran dilakukan dengan marketing mix atribut 4P yang meliputi product, price, place, dan promotion. Masing-masing atribut dianalisis kemudian dilakukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan 60 responden yang merupakan konsumen kopi robusta. Responden diperoleh dari tiga warung kopi yang ada di wilayah Jember yaitu Warung Buleck, Warung Kopi Anwar, dan Warung Kopi Lek Wahyu. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS untuk menghindari kesalahan perhitungan. Hasil dari penelitian yaitu terdapat tiga segmen pasar kopi robusta yang memiliki karakteristik berbeda sesuai segmentasi demografis, psikografis, dan perilaku. Ketiga segmen tersebut adalah segmen dewasa awal, lansia, dan remaja akhir dengan persentase masing-masing segmen yaitu 70%, 17%, dan 13%. Segmen yang paling berpotensial ialah segmen dewasa awal karena memiliki jumlah anggota yang paling banyak. Segmen dewasa awal inilah yang akan dijadikan target pasar kopi bubuk robusta “Kahyangan”. Segmen ini disebut dewasa awal karena usia konsumen berada pada rentang 28-37 tahun. Adapun hasil pengukuran kepuasan konsumen menggunakan metode CSI yaitu sebesar 73,77%. Nilai ini menandakan bahwa konsumen merasa puas dengan produk kopi robusta bubuk “Kahyangan. Hasil pengukuran CSI belum mencapai rentang sangat puas yaitu 81- 100% sehingga perlu dilakukan adanya perbaikan pada atribut produk agar konsumen merasa sangat puas. Penepatan strategi pemasaran menggunakan marketing mix atribut 4P didasarkan pada kriteria segmen dewasa awal dan kepuasannya terhadap produk.
Description: validasi_repo_firli_agustus_2023_21 Finalisasi unggah file repositori tanggal 25 Oktober 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118481
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eka Andina Skripsi Repository.pdf
  Until 2028-08-21
1.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools