Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117374
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis STEM Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP |
Authors: | HOIROH, Afifatul |
Keywords: | KEMAMPUAN LITERASI SAINS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING |
Issue Date: | 15-May-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pengaruh pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penggunaan paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar menjadi faktor penyebab rendahnya tingkat literasi sains di kalangan siswa SMP. Penelitian ini memiliki bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model PBL berbasis STEM menggunakan Google Classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Metode penelitian yang dipakai ialah non-equivalent control group design dalam studi kuasi eksperimen. Siswa kelas VIII SMPN 3 Jember dijadikan sebagai populasi penelitian sebanyak 8 kelas, menggunakan teknik random sampling untuk memilih 2 sampel. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini, sedangkan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Uji independent sample t-test digunakan untuk memeriksa hasil uji (P < 0,05). Kesimpulan dari implementasi model pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini dapat sebagai acuan variasi dalam pembelajaran agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. |
Description: | validasi_repo_firli_juni_2023_14 Finalisasi repositori 28 Juli 2023_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117374 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
AFIFATUL HOIROH 190210104048 SKRIPSI.pdf Until 2028-06-14 | 8.18 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools