Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117374
Title: Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis STEM Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP
Authors: HOIROH, Afifatul
Keywords: KEMAMPUAN LITERASI SAINS
MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING
Issue Date: 15-May-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pengaruh pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penggunaan paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar menjadi faktor penyebab rendahnya tingkat literasi sains di kalangan siswa SMP. Penelitian ini memiliki bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model PBL berbasis STEM menggunakan Google Classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Metode penelitian yang dipakai ialah non-equivalent control group design dalam studi kuasi eksperimen. Siswa kelas VIII SMPN 3 Jember dijadikan sebagai populasi penelitian sebanyak 8 kelas, menggunakan teknik random sampling untuk memilih 2 sampel. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini, sedangkan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Uji independent sample t-test digunakan untuk memeriksa hasil uji (P < 0,05). Kesimpulan dari implementasi model pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini dapat sebagai acuan variasi dalam pembelajaran agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Description: validasi_repo_firli_juni_2023_14 Finalisasi repositori 28 Juli 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117374
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AFIFATUL HOIROH 190210104048 SKRIPSI.pdf
  Until 2028-06-14
8.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools