Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117374
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHOIROH, Afifatul-
dc.date.accessioned2023-07-27T22:24:09Z-
dc.date.available2023-07-27T22:24:09Z-
dc.date.issued2023-05-15-
dc.identifier.nim190210104048en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117374-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_14 Finalisasi repositori 28 Juli 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPengaruh pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penggunaan paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar menjadi faktor penyebab rendahnya tingkat literasi sains di kalangan siswa SMP. Penelitian ini memiliki bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model PBL berbasis STEM menggunakan Google Classroom terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Metode penelitian yang dipakai ialah non-equivalent control group design dalam studi kuasi eksperimen. Siswa kelas VIII SMPN 3 Jember dijadikan sebagai populasi penelitian sebanyak 8 kelas, menggunakan teknik random sampling untuk memilih 2 sampel. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini, sedangkan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Uji independent sample t-test digunakan untuk memeriksa hasil uji (P < 0,05). Kesimpulan dari implementasi model pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan google classroom berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini dapat sebagai acuan variasi dalam pembelajaran agar mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Pramudya Dwi A. P. S.Pd., M.Pd., Ph.D.; Dosen Pembimbing Anggota : Nur Ahmad, S. Pd., M.PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN LITERASI SAINSen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis STEM Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nur Ahmad, S.Pd.,M.PFisen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_14en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AFIFATUL HOIROH 190210104048 SKRIPSI.pdf
  Until 2028-06-14
8.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools