Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117097
Title: Strategi Pengembangan Pemasaran Olahan Ikan Teri Kering UD Mutiara Laut Probolinggo
Authors: SALAMA, Aviatus
Keywords: Anchovy
Value Added
SWOT
Analysis Qspm
Issue Date: 27-Jan-2023
Publisher: Fakultas Teknologi Pertanian
Abstract: Indonesia memiliki perairan yang luas yang meliputi perairan tawar, perairan payau dan perairan asin (laut). Dengan luas wilayah perikanan yang mencapai 5,8 juta km2 tentu memiliki potensi yang sangat besar di bidang perikanan. Produksi ikan di Jawa Timur terus meningkat pada tiap tahunnya hal tersebut menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu penghasil perikanan tangkap yang unggul. Salah satu UMKM pengolahan ikan kering berada di desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Kabuaten Probolinggo bernama UD Mutiara Laut. Hingga saat ini, usaha ini belum bisa memperluas pangsa pasarnya dikarenakan penentuan strategi yang kurang tepat dalam pengembangan pasar pada olahan ikan teri kering. Hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan analisis nilai tambah pengolahan ikan teri kering, melakukan analisis nilai keunggulan produk serta menganalisis strategi pengembangan usaha dan menentukan strategi pemasaran yang tepat sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan usaha olahan ikan kering di Probolinggo. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan analisis nilai tambah, value proposition, analisis SWOT dan analisis QSPM. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan pembagian kuisioner. Responden dari penelitian ini meliputi jumlah keseluruhan pelaku usaha olahan ikan kering di UD Mutiara Laut Probolinggo dan pembeli yang berada disekitaran wilayah Probolinggo. Data yang dihasilkan diolah menggunakan Microsoft Excel.Strategi pengembangan usaha olahan ikan teri kering pada UD Mutiara Laut Probolinggo berdasarkan analisis SWOT terdapat 10 alternatif strategi antara lain, membuat inovasi kemasan produk yang menunjang ketahanan produk dan menarik minat pembeli, menambah mitra dalam hal pemasaran produk, pengajuan modal usaha melalui mentoring dan pemerintah daerah, mendaftarkan sertifikasi produk ke BPOM atau SPP-PIRT, melakukan promosi di media sosial, mempertahankan dan meningkatkan kualitas mutu produk yang diperdagangkan, melakukan pengembangan produk sesuai dengan selera pasar, melakukan perencanaan mendalam mengenai penyediaan stok bahan baku dengan penyedia bahan baku, efisiensi biaya produksi dengan menentukan volume produksi untuk meminimalisir kerugian, meningkatkan hubungan dengan penyedia bahan baku untuk memepermudah pemantauan harga bahan baku. Kemudian untuk prioritas strategi pemasaran pada UD Mutiara Laut Probolinggo yaitu melakukan pengembangan produk sesuai dengan selera pasar.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117097
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc (3).pdf
  Until 2028-05-31
0a67b73d_2023_06_tanggal 261.85 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools