Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116801
Title: E-Commerce sebagai Media Promosi dalam Peningkatan Daya Saing Produk UMKM MOSS 1 di Kabupaten Jember
Authors: LUTHFIYAH, Lenny
YANUARTI, Rizky
IBANAH, Indah
MUTMAINNAH, Laily
HARSANTI, Restiani Sih
Keywords: UMKM
Promotion
E-Commerce
Competitiveness
Woman
Issue Date: 1-Jun-2023
Publisher: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)
Abstract: Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan kelompok wanita Mother School Sumbersari (MOSS) 1 Sumbersari Jember. Kelompok MOSS 1 kegiatan utamanya adalah keagamaan. Ibu-ibu diajari mengaji kitab suci Al Qur’an dengan tenaga pengajar dari Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Selain belajar agama, MOSS 1 juga memiliki kegiatan wirausaha yang menghasilkan produk makanan dan minuman. Namun, MOSS 1 memiliki permasalahan promosi dan penjualan produk. Penjualan produk dilakukan secara sederhana mulai dari penjualan secara langsung, penitipan di toko, maupun promosi sederhana melalui status WhatsApp (WA). Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini pada tahap memberikan dampak pada pemahaman akan strategi pemasaran yang berdaya saing melalui e-commerce. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pelatihan interaktif. Kegiatan dilakukan dengan diskusi mengenai proses penjualan yang sudah berjalan. Kemudian edukasi mengenai pemanfaatan e-commerce dengan menggunakan metode ceramah dan pelatihan pembuatan akun e-commerce . Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu adanya pemahaman para peserta terkait perbedaan pemasaran melalui WA dan e-commerce. Pengabdian lebih lanjut akan dilakukan dengan adanya manajerial pemasaran digital untuk pengelolaan e-commerce.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116801
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FAPERTA_E-Commerce sebagai Media Promosi dalam Peningkatan.pdf698.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.