Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116801
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLUTHFIYAH, Lenny-
dc.contributor.authorYANUARTI, Rizky-
dc.contributor.authorIBANAH, Indah-
dc.contributor.authorMUTMAINNAH, Laily-
dc.contributor.authorHARSANTI, Restiani Sih-
dc.date.accessioned2023-06-12T01:05:17Z-
dc.date.available2023-06-12T01:05:17Z-
dc.date.issued2023-06-01-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116801-
dc.description.abstractPengabdian kepada masyarakat ini dilakukan kelompok wanita Mother School Sumbersari (MOSS) 1 Sumbersari Jember. Kelompok MOSS 1 kegiatan utamanya adalah keagamaan. Ibu-ibu diajari mengaji kitab suci Al Qur’an dengan tenaga pengajar dari Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Selain belajar agama, MOSS 1 juga memiliki kegiatan wirausaha yang menghasilkan produk makanan dan minuman. Namun, MOSS 1 memiliki permasalahan promosi dan penjualan produk. Penjualan produk dilakukan secara sederhana mulai dari penjualan secara langsung, penitipan di toko, maupun promosi sederhana melalui status WhatsApp (WA). Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini pada tahap memberikan dampak pada pemahaman akan strategi pemasaran yang berdaya saing melalui e-commerce. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pelatihan interaktif. Kegiatan dilakukan dengan diskusi mengenai proses penjualan yang sudah berjalan. Kemudian edukasi mengenai pemanfaatan e-commerce dengan menggunakan metode ceramah dan pelatihan pembuatan akun e-commerce . Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu adanya pemahaman para peserta terkait perbedaan pemasaran melalui WA dan e-commerce. Pengabdian lebih lanjut akan dilakukan dengan adanya manajerial pemasaran digital untuk pengelolaan e-commerce.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)en_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.subjectPromotionen_US
dc.subjectE-Commerceen_US
dc.subjectCompetitivenessen_US
dc.subjectWomanen_US
dc.titleE-Commerce sebagai Media Promosi dalam Peningkatan Daya Saing Produk UMKM MOSS 1 di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FAPERTA_E-Commerce sebagai Media Promosi dalam Peningkatan.pdf698.13 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.