Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116637
Title: Survei Kepuasan Masyarakat Kabupaten Jember Bidang Pertanian
Authors: KUNTADI, Ebban Bagus
RIDJAL, Julian Adam
RAHMAN, Rena Yunita
FAUZIYAH, Diana
Keywords: Indeks Kepuasan Masyarakat
Kinerja Pelayanan Publik
Issue Date: 1-Jun-2022
Publisher: Jurnal Hasil Penelitian Universitas Jember
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja pelayanan publik pada Dinas Pertanian Kabupaten Jember, mengetahui dan mengidentifikasi unsur-unsur kekurangan atau kelemahannya. Metode dalam pengambilan data menggunakan metode secara diskriptif. Data yang diperlukan berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait. Populasi adalah seluruh masyarakat yang mendapatkan pelayanan di lingkungan Dinas Pertanian Wilayah Kabupaten Jember. Analisis data menggunakan indeks kepuasan masyarakat. Secara umum perolehan IKM pada di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan di Kabupaten Jember memperoleh Nilai Indeks 78,56. Nilai IKM terletak pada nilai interval konversi IKM antara 62,51 sampai 81,25 yang menggambarkan kinerja atas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan pada tahun 2021 dengan katagori untuk Mutu Pelayanan “B“ dengan Kinerja Unit Pelayanan adalah BAIK. Hasil rata-rata per unsur pelayanan yang menunjukkan nilai rata-rata diatas 3,00 adalah persyaratan pelayanan, biaya, kompetensi pelaksana, sikap pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukan dan sarana prasarana. Sedangkan yang menunjukkan nilai rata-rata dibawah 3,00 adalah prosedur pelayanan, waktu pelayanan dan kesesuaian produk layanan dengan realisasi membutuhkan perhatian khusus agar kualitas pelayanan semakin baik. Rekomendasi diantaranya adalah perbaikan dan penguatan sarana dan prasarana pendukung, terutama pada level Balai Penyuluhan (BPP). Jurnal Hasil Penelitian Universitas Jember Volume 1, Nomor 1, Juni 2022 Kuntadi, dkk 36 Peningkatan kapasitas balai penyuluhan direkomendasikan agar menjadi penguatan aktualisasi data dan cyber extension.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116637
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FAPERTA_SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT KABUPATEN JEMBER BIDANG.pdf468.92 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.