Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116376
Title: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Aplikasi Android Getaran dan Gelombang
Authors: FEBRIANTI, Nia Savira
SUPENO, Supeno
UTOMO, Anjar Putro
Keywords: PEMBELAJARAN IPA
MEDIA APLIKASI
ANDROID
Issue Date: 2-Jun-2021
Publisher: Jurnal Pendidikan Fisika
Abstract: Media pembelajaran buku cetak masih menjadi sumber utama dalam proses belajar mengajar, belum melatih siswa untuk melakukan proses penyelidikan ilmiah secara utuh dan sedikit membosankan sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SMP. Media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, siswa dapat dengan mudah mencerna materi dan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar sehingga diharapkan dapat memudahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh aplikasi android Getaran dan Gelombang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan sampel kelas VIII A untuk kelompok eksperimen dan kelas VIII B untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa hasil tes LKPD, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi android Getaran dan Gelombang diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi android lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data menggunakan persamaan N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,61 dan 0,4 pada kategori sedang.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116376
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
39 - 2021 Jurnal Optika - PAK.pdf2.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.