Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116239
Title: Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA
Authors: WAHONO, Robi Hendrawan Joko
SUPENO
SUTOMO, Mohammad
Keywords: E-LKPD
Keterampilan Berpikir Kritis
Pembelajaran IPA
Issue Date: 30-Dec-2022
Publisher: Jurnal Basicedu
Abstract: Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir yang banyak diperlukan saat ini. Walaupun demikian, beberapa hasil studi menunjukkan keterampilan berpikir kritis masih menjadi tantangan bagi siswa. Cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan mengembangkan dan mengimplementasikan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk E-LKPD dengan pendekatan saintifik yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Desain yang digunakan adalah desain penelitian Plomp dengan menggunakan tiga tahap pengembangan. Hasil validasi E-LKPD diperoleh modus nilai 4 yang berkategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan E-LKPD di tiga sekolah memperoleh skor antara 86% sampai 100% yang berkategori sangat praktis. Hasil analisis keefektifan yang didasarkan pada skor N-gain menunjukkan bahwa E-LKPD berkategori efektif. Berdasarkan perolehan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak dipakai untuk media belajar dalam rangka meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116239
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
7 - 2022 Basicedu - PAK.pdf7.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.