Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116239
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWAHONO, Robi Hendrawan Joko-
dc.contributor.authorSUPENO-
dc.contributor.authorSUTOMO, Mohammad-
dc.date.accessioned2023-05-19T07:18:04Z-
dc.date.available2023-05-19T07:18:04Z-
dc.date.issued2022-12-30-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116239-
dc.description.abstractBerpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir yang banyak diperlukan saat ini. Walaupun demikian, beberapa hasil studi menunjukkan keterampilan berpikir kritis masih menjadi tantangan bagi siswa. Cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan mengembangkan dan mengimplementasikan E-LKPD berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk E-LKPD dengan pendekatan saintifik yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Desain yang digunakan adalah desain penelitian Plomp dengan menggunakan tiga tahap pengembangan. Hasil validasi E-LKPD diperoleh modus nilai 4 yang berkategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan E-LKPD di tiga sekolah memperoleh skor antara 86% sampai 100% yang berkategori sangat praktis. Hasil analisis keefektifan yang didasarkan pada skor N-gain menunjukkan bahwa E-LKPD berkategori efektif. Berdasarkan perolehan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak dipakai untuk media belajar dalam rangka meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Basiceduen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPAen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
7 - 2022 Basicedu - PAK.pdf7.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.