Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116069
Title: Penerapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Hypnoparenting : Study Sekolah Perempuan Jember
Authors: SAKINAH, Gina
ALKORNIA, Sylva
Keywords: kesehatan reproduksi
hypnoparenting
Anak Usia Dini
Issue Date: 25-Mar-2021
Publisher: Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Abstract: Penerapan pendidikan kesehatan reproduksi sering dianggap tabu oleh banyak masyarakat khususnya bagi para orang tua. Akibat yang muncul dari kurangnya pemahaman pendidikan kesehatan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan kesehatan reproduksi pada orang tua anak usia dini di sekolah perempuan Jember. Penentuan tempat ditentukan dengan metode Purposive Area. Untuk menggali data peneliti menggunakan teknik snowball sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi sumber, waktu dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu penerapan pendidikan kesehatan reproduksi dilakukan dengan menggabungkan aspek menjaga kebersihan diri dan cara menjaga diri dari kekerasan seksual. Untuk membangun komunikasi dalam menyampaikan pesan kesehatan reproduksi yang baik antara orangtua dan anak maka penerapan metode hypnoparenting dilakukan dengan memperhatikan pemilihan waktu efektif, alat bantu dan naskah sugesti. Sehingga didapat hasil bahwa orangtua memiliki pandangan yang positif terhadap pendidikan kesehatan reproduksi tanpa berfikir tabu lagi.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116069
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_Penerapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode.pdf3.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.