Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116065
Title: Efektifitas Program Pendidikan Nonformal Terhadap Pemberdayaan Gelandangan dan Pengemis di Lingkungan Pondok Sosial Kabupaten Jember
Other Titles: Efectiveness Program Non Formal Education On Empowernment of Homeless and Beggars in the Environment Cottage Social District Jember
Authors: HADI, Sofyan
IMSIYAH, Niswatul
ALKORNIA, Sylva
Keywords: Efektifitas program pendidikan non formal
pemberdayaan gelandangan
pengemis
Issue Date: Mar-2019
Publisher: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Abstract: Salah satu masalah kemiskinan yaitu makin banyaknya jumlah gelandangan dan pengemis, yang disebabkan oleh kualitas hidup masih dibawah garis kemiskinan. Sejalan dengan hal itu, Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) yang merupakan lembaga di Kabupaten Jember yang mempunyai program pemberdayaan khususnya program pelatihan yang merupakan program dari pendidikan non formal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan yaitu snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentas. Dengan informan kunci yaitu pegawai lingkungan pondok sosial dan informan pendukung yaitu staf bidang pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Jember serta gelandangan dan pengemis. Teknik pemerikasaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi (teknik dan sumber), sedangkan analisis data yang digunakkan yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa adanya efektifitas program pendidikan non formal terhadap pemberdayaan gelandangan dan penemis di UPT Liposos. Hal ini dapat dilihat dari adanya SOP dalam pelaksanaan proses pemberdayaan, sehingga proses pemberdayaan dapat berjalan terarah mulai dari tahap penyadaran dan tahap pengkapasitasan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116065
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.