Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115983
Title: Analisis Produksi Video Pembelajaran pada Tugas Proyek Mata Kuliah Cahaya dan Penglihatan Tema Fenomena Optik
Authors: AHMAD, Nur
PUTRA, Pramudya Dwi Aristya
WAHYUNI, Sri
Keywords: VIDEO PEMBELAJARAN
FENOMENA OPTIK
TUGAS PROYEK
Issue Date: 1-Aug-2021
Publisher: Journal Education Research and Development
Abstract: Kondisi wabah Covid-19 menuntut para dosen berinovasi agar mahasiswa tertarik dan mudah memahami konten walaupun pembelajaran terpisah oleh jarak. Tak hanya dosen ataupun guru, calon guru pun harus sudah berlatih membuat video pembelajaran yang inovatif dan menarik. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang berupaya untuk menganalisis video pembelajaran meliputi kekurangan dan kelebihan video yang dibuat oleh mahasiswa. Video tersebut dibuat secara berkelompok yang terdiri dari 2 mahasiswa dan ada beberapa dengan 3 mahasiswa. Semua video membahas materi rumpun Fisika sesuai dengan dosen pengampu. Sebanyak 55 video dibuat oleh 3 kelas belum sempat diunggah di media sosial maupun media video online. Hasil Penelitian menunjukkan sebanyak 55 video pembelajaran, memiliki durasi rata-rata 4 menit 32 detik. Nilai Akhir skor video pembelajaran tertinggi mencapai 81 dan nilai terendah sebesar 69. Menurut Observasi kekurangan pembuatan proyek video pembelajaran pada umumnya terletak pada kualitas suara dan penyajian. Suara presenter ditemukan beberapa kurang keras, kurang jernih dan kadang terganggu oleh suara backsound. Mayoritas video ada perkenalan tiap-tiap mahasiswa sebagai presenter. Kekurangan yang sering terlihat pada penyajian yaitu penulisan nama, NIM dan judul tidak ditampilkan di awal video. Beberapa ada kualitas video yang kurang karena kualitas kamera rendah maupun pencahayaan yang kurang.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115983
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
19_ARTIKEL_EDUCATION JOURNAL_NUR.pdf2.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.