Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115969
Title: | Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA |
Authors: | SARI, Dian Nur Indah BUDIARSO, Aris Singgih WAHYUNI, Sri |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING (PBL) |
Issue Date: | 1-Dec-2022 |
Publisher: | Jurnal Basicedu |
Abstract: | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pengetahuan mengenai alam semesta dan fenomena-fenomena yang terjadi di alam. Pada proses pembelajaran IPA dibutuhkan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah LKPD. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Populasi penelitian yakni siswa kelas VIII-C di MTs Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan yakni analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS), angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji skor validitas, kepraktisan, N-gain dan uji skor angket respon siswa. Pada uji validitas diperoleh nilai 83% dengan krteria sangat baik. Pada uji keterlaksanaan didapatkan hasil 89% berkategori sangat praktis. Hasil uji N-gain didapatkan skor yakni 0,53 berkategori sedang. sedangkan pada uji angket respon siswa didapataan hasil yakni 82% dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS pada pembelajaran IPA SMP. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115969 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
14_ARTIKEL_BASICEDU_DIAN.pdf | 2.4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.