Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115954
Title: | Pengembangan E-modul Berbasis Blended Learning pada Materi Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP |
Authors: | SARI, Arista Purnama WAHYUNI, Sri BUDIARSO, Aris Singgih |
Keywords: | E-MODUL BLENDED LEARNING KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS |
Issue Date: | 30-Apr-2022 |
Publisher: | SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis blended learning yang valid, praktif, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk elektronik yang tersusun atas multimedia yang dapat digunakan secara fleksibel. Metode penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis blended learning memenuhi kriteria valid sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. E-modul berbasis blended learning kemudian digunakan sebagai bahan ajar untuk memperoleh kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dengan hasil yang diperoleh dalam kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan e-modul berbasis blended learning diperoleh berdasarkan tes keterampilan berpikir kritis siswa yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor siswa setelah menggunakan e-modul berbasis blended learning dan respon siswa terhadap penggunaan e-modul dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis blended learning layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi, kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa untuk mengimplementasikan materi yang disajikan dalam kehidupan sehari har |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115954 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
10_ARTIKEL_SPECTRA_ARISTA (1).pdf | 1.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.