Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115954
Title: Pengembangan E-modul Berbasis Blended Learning pada Materi Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Authors: SARI, Arista Purnama
WAHYUNI, Sri
BUDIARSO, Aris Singgih
Keywords: E-MODUL
BLENDED LEARNING
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Issue Date: 30-Apr-2022
Publisher: SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis blended learning yang valid, praktif, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk elektronik yang tersusun atas multimedia yang dapat digunakan secara fleksibel. Metode penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis blended learning memenuhi kriteria valid sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. E-modul berbasis blended learning kemudian digunakan sebagai bahan ajar untuk memperoleh kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dengan hasil yang diperoleh dalam kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan e-modul berbasis blended learning diperoleh berdasarkan tes keterampilan berpikir kritis siswa yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor siswa setelah menggunakan e-modul berbasis blended learning dan respon siswa terhadap penggunaan e-modul dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis blended learning layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi, kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa untuk mengimplementasikan materi yang disajikan dalam kehidupan sehari har
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115954
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
10_ARTIKEL_SPECTRA_ARISTA (1).pdf1.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.