Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114198
Title: Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran Ditinjau Dari Self Efficacy
Authors: SAFRIDA, Lela Nur
SUNARDI
SUWITO, Abi
OKTAVIANINGTYAS, Ervin
RIZKINA, Dinda
Keywords: mathematical literacy
circle
self-efficacy
Issue Date: 3-Apr-2023
Publisher: EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Abstract: Fokus keahlian yang diperlukan dalam pembelajaran matematika abad ke21 meliputi kemampuan berpikir kritis (critical thingking), kemampuan komunikasi (communication), kreativitas (creativity), dan kerja sama (collaboration). Hal ini akan terwujud apabila siswa memiliki literasi matematikanya baik. Faktanya, literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Rendahnya literasi matematika siswa di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya self efficacy karena merupakan faktor internal nonkognitif yang berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas IX SMPN 3 Jember dengan self efficacy tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa angket self efficacy, tes literasi matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kemampuan literasi matematika dengan self efficacy rendah, sedang, dan tinggi berbeda. Literasi matematika siswa dengan self efficacy rendah pada penelitian ini mencapai level 1 hingga level 3, literasi matematika siswa dengan self efficacy sedang mencapai level 1 hingga level 4, dan literasi matematika siswa dengan self efficacy tinggi mencapai level 4 hingga level 6.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114198
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.