Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114198
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSAFRIDA, Lela Nur-
dc.contributor.authorSUNARDI-
dc.contributor.authorSUWITO, Abi-
dc.contributor.authorOKTAVIANINGTYAS, Ervin-
dc.contributor.authorRIZKINA, Dinda-
dc.date.accessioned2023-04-04T02:12:46Z-
dc.date.available2023-04-04T02:12:46Z-
dc.date.issued2023-04-03-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114198-
dc.description.abstractFokus keahlian yang diperlukan dalam pembelajaran matematika abad ke21 meliputi kemampuan berpikir kritis (critical thingking), kemampuan komunikasi (communication), kreativitas (creativity), dan kerja sama (collaboration). Hal ini akan terwujud apabila siswa memiliki literasi matematikanya baik. Faktanya, literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Rendahnya literasi matematika siswa di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya self efficacy karena merupakan faktor internal nonkognitif yang berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas IX SMPN 3 Jember dengan self efficacy tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa angket self efficacy, tes literasi matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kemampuan literasi matematika dengan self efficacy rendah, sedang, dan tinggi berbeda. Literasi matematika siswa dengan self efficacy rendah pada penelitian ini mencapai level 1 hingga level 3, literasi matematika siswa dengan self efficacy sedang mencapai level 1 hingga level 4, dan literasi matematika siswa dengan self efficacy tinggi mencapai level 4 hingga level 6.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherEDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematikaen_US
dc.subjectmathematical literacyen_US
dc.subjectcircleen_US
dc.subjectself-efficacyen_US
dc.titleLiterasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Lingkaran Ditinjau Dari Self Efficacyen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.