Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114178
Title: PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TRANSMART JEMBER
Authors: 

Afandi, Nur Arif
Keywords: Citra Merek
Kualitas Layanan
Harga
Store Atmosphere
Issue Date: 14-Oct-2022
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Perkembangan bisnis yang semakin pesat salah satunya yakni di bidang retailer. Pertumbuhan penjualan ritel di Indonesia meningkat tembus 10% dari tahun 2019 dengan mencapai 256 triliun. Salah satu perusahaan ritel terbresar di Indonesia adalah Transmart dengan jumlah gerai sebanyak 137 gerai termasuk di Jember. Peningkatan bisnis retail yang ketat ini didukung dengan gaya hidup konsumtif masyarakat sehingga menjadi pertimbangan manajemen strategi perusahaan untuk dapat memenuhi kepuasan konsumen. Transmart membuka beberapa gerai ritel di Indonesia salah satunya berada di Kota Jember tepatnya berada di Jl. Hayam Wuruk No. 61a. kendati demikian banyaknya pesaing membuat pihak Transmart Jember memiliki strategi khusus agar tetap dapat bersaing meskipun pada dasarnya perusahaan ritel ini memiliki citra merek yang kuat. Adapun faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu citra merek, kualitas layanan, harga, dan store atmosphere. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra merek, kualitas layanan, harga, dan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada Transmart Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan explanatory research. Populasi pada penelitian ini yakni konsumen Transmart Jember. jenis data penelitian ini yakni jenis data kuantitatif. Sumber data pada penelitian adalah data primer dengan metode pengumpulan melalui kuisioner online menggunakan media google form. Teknik pengambilan sampe pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 105 responden dengan beberapa kriteria yang diajukan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 2) Kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 3) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, 4) Store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114178
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Arif Afandi_Skripsi Terbaru.pdf
  Until 2026-01-05
1.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools