Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112473
Title: Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19
Authors: 

KAMILA, Dina Novarinda
Keywords: PERTUMBUHAN PENJUALAN
STRUKTUR MODAL
PERUSAHAAN SUBSEKTOR FARMASI
PANDEMI COVID-19
Issue Date: 25-Jan-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Dunia telah menghadapi kejadian yang cukup memengaruhi beberapa aspek dan bidang secara global akibat pandemi Covid-19. Sejak pengumuman masuknya Covid-19 ke Indonesia, hal itu turut memengaruhi kinerja pasar modal Indonesia. Dampak yang ditimbulkan pandemi terhadap Covid-19 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan drastis 26,43 persen menjadi 4.635. Penurunan harga saham ini akan berdampak pada nilai perusahaan. Suatu nilai perusahaan yang baik menjadi sinyal yang baik pula bagi investor karena berkaitan dengan kesejahteraan dan keuntungan yang akan diterima oleh investor. Harga saham ini tentunya sering mengalami fluktuasi akibat berbagai faktor, seperti pandemi Covid-19. IHSG sebagai tolok ukur dalam perkembangan pasar modal dapat melihat beberapa perusahaan mengalami penurunan harga saham hampir 50% bahkan lebih akibat pandemi Covid-19. Terdapat sektor perusahaan yang justru mengalami kenaikan atau menguntungkan di masa pandemi Covid-19 yaitu sektor kesehatan. Sejak virus Covid-19 ini menyebar di Indonesia, kebiasaan masyarakat mulai berubah dan peduli terhadap kesehatan, kebersihan, dan pengetahuan mengenai obat-obatan (Khofifah et al., 2022). Dampak pandemi Covid-19 yang memengaruhi penjualan perusahaan, ikut berdampak pada laba yang dihasilkan perusahaan berdasarkan penjualan. Tingkat laba yang menurun akan memengaruhi beberapa aspek perusahaan termasuk keputusan investasi dan kinerja keuangan. Faktor yang juga turut memengaruhi nilai perusahaan dan menjadi perhatian investor adalah struktur modal. Dalam hal ini, investor tidak hanya melihat kemampuan perusahaan menghasilkan laba, tentu juga dengan banyaknya hutang yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan aktivitas operasional. Penggunaan utang dalam jumlah besar ini dapat memengaruhi penilaian investor sebab meningkatkan resiko yang akan ditanggung oleh investor dan dapat berdampak pada nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor farmasi sebelum pandemi Covid-19, serta perbedaan pertumbuhan penjualan, struktur modal, dan nilai perusahaan sebelum dan saat pandemi Covid-19. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan komparatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data tersebut berasal dari laporan keuangan dan tahunan perusahaan Farmasi selama periode 2018-2021 yang didapat dari website resmi Bursa Efek Indonesia idx.co.id dan website dari tiap perusahaan. Periode 2018 - 2021 digunakan dalam penelitian karena membandingkan tahun sebelum dan saat terjadinya pandemi Covid-19. Variabel bebas atau independen dalam penelitian ini adalah pertumbuhan penjualan (X1) yang diproksikan dengan rasio pertumbuhan penjualan dan struktur modal (X2) yang diproksikan dengan Debt to Asset Ratio (DAR), sedangkan untuk variabel terikat atau dependen yang digunakan adalah nilai perusahaan (Y) yang diproksikan dengan Price to Book Value (PBV). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan melakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis yang meliputi Uji F (simultan) dan Uji t (Parsial) dan uji koefisien determinasi, serta uji beda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pertumbuhan penjualan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan sebelum pandemi Covid-19 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pada saat pandemi Covid-19, pertumbuhan penjualan juga berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi 0,044 dan 0,003 < 0,05.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 2 Maret 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112473
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REPOSITORY.pdf
  Until 2028-01-30
1.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools