Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110971
Title: Tinjauan Medikolegal Rekam Medis Sebagai Alat Bukti dalam Tindak Pidana Pembunuhan (Kajian Kasus dalam Putusan Nomor 18/Pid.B/2020/PN Bkl)
Authors: JAUHANI, Muhammad Afiful
Keywords: alat bukti
medikolegal
pembunuhan
pidana
rekam medis
Issue Date: 1-Feb-2021
Publisher: Journal of Indonesian Forensic and Legal Medicine
Abstract: Putusan Nomor 18/Pid.B/2020/PN Bkl menyatakan dua orang terdakwa bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan secara bersama-sama. Dalam putusan tersebut disebutkan bahwa alat bukti berupa visum et repertum dibuat berdasarkan rekam medis. Kajian kasus ini bertujuan untuk menganalisis peran rekam medis yang digunakan sebagai salah satu landasan untuk menentukan unsur dengan sengaja menghilangkan nyawa orang lain pada putusan tersebut melalui tinjauan pustaka menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Pembunuhan termasuk delik materiil sehingga tidak cukup hanya dengan dilakukannya perbuatan, akan tetapi timbulnya akibat yang berupa matinya orang dalam kejahatan ini merupakan syarat mutlak sehingga harus dapat dibuktikan adanya hubungan kausal antara perbuatan dari masing-masing orang dengan akibat berupa kematian korban. Visum et repertum kasus pembunuhan yang dibuat hanya berdasarkan rekam medis tanpa autopsi forensik tidak dapat menyimpulkan penyebab kematian. Autopsi forensik diperlukan untuk menentukan adanya hubungan kausal antara perbuatan para terdakwa dengan kematian korban yang dapat dimanfaatkan untuk menentukan pertanggungjawaban pidana.
Gov't Doc #: KODEPRODI2010101#Pendidikan Dokter
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110971
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F KEDOKTERAN_MUHAMMAD AFIFUL J_JURNAL_TINJAUAN MEDIKOLEGAL REKAM MEDIS SEBAGAI ALAT BUKTI.pdf352.05 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.