Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110898
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia Kelas X IPS SMA Negeri Arjasa Tahun Ajaran 2021/2022)
Authors: FIRDAUS, M. Reza Fikri Al
Keywords: KOOPERATIF
STAD
QUIZIZZ
HASIL BELAJAR
Issue Date: 13-Oct-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penerapan metode diskusi kelompok pada pembelajaran ekonomi peminatan kelas X IPS masih kurang maksimal dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa secara merata. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif Student Team Achivement Divsion (STAD) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik. Metode yang dipakai yaitu Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang dipakai yakni siswa kelas X IPS 2 dan X IPS 3 sebanyak 68 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa perolehan rata-rata hasil belajar kelas X IPS 3 sebesar 79,14. Hasil ini lebih tinggi dari kelas X IPS 2 yang menjadi kelas kontrol rata-ratanya 74,52. Uji N-gain nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol tergolong kriteria rendah, sedangkan nilai hasil belajar kelas eksperimen yang termasuk dalam kriteria sedang. Hal ini membuktikan bahwa implementasi pembelajaran model kooperatif tipe STAD dikolaborasikan dengan media Quizizz terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110898
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi M. Reza Fikri Al Firdaus (Repository).pdf2.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools