Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109479
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri disertai Media Pictorial Riddle pada Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP
Authors: AZIZAH, Nabilah Nur
INDRAWATI, Indrawati
AHMAD, Nur
Keywords: model pembelajaran inkuiri
media pictorial riddle
motivasi belajar
hasil belajar
Issue Date: 1-Aug-2022
Publisher: Pancasakti Science Education Journal
Abstract: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri disertai media pictorial riddle terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP. Desain penelitiannya quasi experiment dengan jenis rancangannya post-test only control group design. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Jember dengan sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data utama menggunakan tes dan angket. Data pendukung lainnya dengan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan uji independent sample t-test jikalau data berdistribusi normal dan uji Mann Whitney jikalau data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan siswa di kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai yang lebih baik dibanding kelas kontrol, sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri disertai media pictorial riddle berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109479
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.