Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109440
Title: Pengaruh Harga dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Bukalapak
Authors: 

AGUSTININGSIH, Fazira Leonita
Keywords: HARGA
E-SERVICE QUALITY
MINAT BELI
MARKETPLACE BUKALAPAK
Issue Date: 4-Aug-2022
Publisher: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Abstract: Perkembangan internet yang berkembang pesat saat ini telah bermetamorfosis dari platform sosial ke platform pemasaran bahkan menyebabkan pergeseran kebiasaan berbelanja secara online daripada toko offline. Ada banyak saluran dan platform yang dapat digunakan dalam melakukan aktivitas belanja online seperti menggunakan situs web atau aplikasi. Alasan konsumen memilih berbelanja online karena kenyamanan menjadi hal yang menarik bagi mereka. Namun, masih terdapat keluhan atau komplain dari konsumen tentang sistem belanja online. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat pada tahun 2019 sedikitnya ada 34 kasus berisi keluhan pelanggan terhadap pelayanan marketplace. Ini menandakan perusahaan marketplace termasuk Bukalapak dituntut untuk menciptakan transaksi belanja online yang lebih aman dan nyaman. Pasalnya, pengalaman belanja konsumen dinilai menjadi hal penting dalam menentukan kepuasan yang berpengaruh pada perilaku pembelian konsumen selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel yang mempengaruhi minat beli ulang pengguna marketplace Bukalapak yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory reseacrh. Responden yang diteliti yaitu konsumen yang telah mengunjungi, menggunakan, atau melakukan transaksi pembelian pada marketplace Bukalapak dengan teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang dipilih sebanyak 108 responden yang diperoleh dengan melakukan penyebaran angket/kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dioperasikan melalui program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 23. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (2) E- service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (3) Harga berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli ulang; (4) E-service quality berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli ulang; (5) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang; (6) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan; (7) E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 14 September 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109440
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2027-08-04
2.02 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools