Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109281
Title: Pengaruh Harga dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian melalui Intention to Use Pengguna Shopee PayLater
Authors: 

ALFADHI, Fuad
Keywords: Lifestyle
Issue Date: 23-Jul-2022
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Perkembangan bisnis di Indonesia dapat menjadi suatu bahasan atau fenomena yang menarik. Terlebih lagi dengan didampingi pola pertumbuhan dan perubahan kegiatan ekonomi yang semakin beragam dan dapat memberikan peluang bagi para pelaku usaha maupun konsumen. Di zaman yang semakin maju dan serba digital, sebuah teknologi dapat mengubah suatu gaya hidup manusia yang awalnya dilakukan secara fisik menjadi non-fisik. Internet sebagai teknologi informasi yang mutakhir dan tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup masyarakat. Salah satu peluang yang memanfaatkan teknologi internet ada di sektor bisnis, yaitu dengan menggunakan perdagangan elektronik (e-commerce) sebagai media perdagangan yang dapat diakses semua orang dimana saja dan kapan saja. Perubahaan suatu lifestyle konsumen sangat mempengaruhi perusahaan, perusahaan harus bisa lebih survive dan memberikan nilai lebih sehingga menjadi pilihan bagi konsumen. Seiring dengan kemajuan teknologi, semakin banyak masyarakat yang mengandalkan teknologi, terlebih pada urusan finansial dalam transaksi online. Adanya tren jual-beli online yang meningkat, masyarakat menyadari teknologi finansial (financial technology) dapat mendukung dan mempermudah kebutuhan untuk melakukan pembayaran maupun pembelian. Penggunaan fintech semakin diminati masyarakat, salah satunya layanan cicilan tanpa menggunakan kartu kredit dalam bentuk fitur “PayLater”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian pengguna shopee paylater yang dimediasi oleh intention to use shopee paylater. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory reseacrh. Responden yang diteliti yaitu konsumen yang telah menggunakan fitur Shopee PayLater di Shopee untuk melakukan pembelian dengan teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang dipilih sebanyak 150 responden yang diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dioperasikan melalui program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 24. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap intention to use shopee paylater; (2) Lifestyle berpengaruh signifikan terhadap intention to use shopee paylater; (3) Harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian; (4) Lifestyle berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian; (5) Intention to use shopee paylater berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 8 September 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109281
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Fuad Alfadhi Watermark.pdf
  Restricted Access
13.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools