Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108584
Title: | Pengaruh Model PBL dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa |
Authors: | YUSUF, Nurridha Rahmania BEKTIARSO, Singgih SUDARTI, Sudarti |
Keywords: | model PBL dengan media google classroom aktivitas belajar siswa hasil belajar siswa |
Issue Date: | 19-Oct-2020 |
Publisher: | ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model problem based learning dengan media google classroom terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di SMAN Pakusari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control design. Pengumpulan data hasil belajar siswa dari nilai pretest dan posttest, serta aktivitas belajar siswa dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan data rata-rata aktivitas belajar di kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, yaitu 66,35% dan 55,31%, dan juga rata-rata hasil belajar siswa dari posttest pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, yaitu 60 dan 50. Analisis data menggunakan uji T-Test yang menghasilkan nilai signifikansi aktivitas belajar dan hasil belajar kurang dari 0,05, yaitu 0,017 dan 0,002. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dengan media google classroom berpengaruh signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di SMAN Pakusari. |
Gov't Doc #: | Kodeprodi#1810201#pendidikanfisika |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108584 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_JURNAL_SinggihBektiarso_Pengaruh Model PBL dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.pdf | 209.28 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.