Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108424
Title: | Peran Enjoyment, Trust, dan Kualitas Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Game Online dengan Limited Edition Sebagai Variabel Moderasi |
Other Titles: | The Effect of Enjoyment, Trust, and Functional Quality To Purchase Decisions on Virtual Items in Online Games With Limited Edition as a Moderating Variables |
Authors: | SYAHRUNI, M. |
Keywords: | Kualitas Fungsional Item Virtual Game Online Limited Edition |
Issue Date: | 21-Apr-2021 |
Publisher: | Fakultas Ekonomi |
Abstract: | Perkembangan internet memberikan kemudahan akses dalam melakukan aktivitas sosial, bisnis, dan hiburan. Salah satu jenis hiburan yang mengalami perkembangan adalah game online. Game online kini sudah menggunakan sistem microtransaction, yaitu sistem untuk memperjual belikan item dalam game. Penjualan item virtual sangat menarik bagi seorang gamers. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa seorang gamers mau mengeluarkan uang untuk membeli item virtual yang merupakan barang non-fisik. Ada beberapa alasan pemain game online membeli item virtual, seperti kepercayaan gamers terhadap situs game karena pengguna cenderung memilih produk yang sudah terpercaya, ingin karakternya lebih kompetitif dalam bersaing dengan pemain lainnya dengan membeli item yang memiliki kualitas fungsional yang baik, pemain game online membeli item virtual untuk menambah kesenangan dengan item yang dibelinya, selain itu untuk citra diri agar terlihat unik dan beda dari pemain game online lainnya dengan membeli item limited. Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh determinan dari enjoyment, trust, dan kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian dengan limited edition untuk memoderasi hubungan antara enjoyment dan kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian. Objek pada penelitian ini adalah pemjualan item virtual game online. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 240 responden dari pemain game yang pernah membeli item virtual dengan teknik pengumpulan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data cross-section dengan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner online melalui google form. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini adalah enjoyment berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, trust tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas fungsional berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, limited edition memoderasi hubungan antara enjoyment terhadap keputusan pembelian. limited edition tidak memoderasi hubungan antara kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian |
Description: | Validasi unggah file repositori_Iswahyudi Finalisasi unggah file repositori tanggal 14 Juli 2022_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108424 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Economic and Business |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
M. SYAHRONI - 170810201159.pdf | 4.81 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools