Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106215
Title: | Melatih Keterampilan Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Saintifik |
Authors: | WARDANI, Rizki Putri FITRIYAH, Chumi Zahroul PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu |
Keywords: | pendekatan saintifik keterampilan berpikir kritis keterampilan berpikir kreatif |
Issue Date: | 10-Dec-2021 |
Publisher: | ALPEN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR |
Abstract: | Penelitian yang berjudul melatih keterampilan berpikir kritis, dan kreatif memiliki tujuan untuk mengembangakan perangkat pembelajaran melalui pendekatan saintifik yang praktis, efektif, dan valid. Model 4-D digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Subyek dalam penelitian ini yakni perangkat pembelajaran yang diuji cobakan kepada siswa Kelas V SD. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan presentase sebesar 87% yang berati perangkat yang dikembangkan valid. Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dengan persentase 87%. Aktivitas terlaksana dengan baik melalui pendekatan saintifik. Tes soal keterampilan berpikir kritis, dan berpikir kreatif mendapatkan skor ≥75. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa perangkata pembelajaran untuk melatih berpikir kritis dan kreatif melalui pendekatan saintifik dikatakan praktis, efektif, dan valid. |
Gov't Doc #: | Kodeprodi#0210204#PendidikanGuruSekolahDasar NIDN#0028109106 NIDN#0015097705 NIDN#0720098802 |
URI: | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106215 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_JURNAL_RizkiPutri_Melatih Keterampilan Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Saintifik.pdf | 961.13 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.