Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106215
Title: Melatih Keterampilan Berpikir Kritis, dan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Saintifik
Authors: WARDANI, Rizki Putri
FITRIYAH, Chumi Zahroul
PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu
Keywords: pendekatan saintifik
keterampilan berpikir kritis
keterampilan berpikir kreatif
Issue Date: 10-Dec-2021
Publisher: ALPEN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR
Abstract: Penelitian yang berjudul melatih keterampilan berpikir kritis, dan kreatif memiliki tujuan untuk mengembangakan perangkat pembelajaran melalui pendekatan saintifik yang praktis, efektif, dan valid. Model 4-D digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Subyek dalam penelitian ini yakni perangkat pembelajaran yang diuji cobakan kepada siswa Kelas V SD. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan presentase sebesar 87% yang berati perangkat yang dikembangkan valid. Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik dengan persentase 87%. Aktivitas terlaksana dengan baik melalui pendekatan saintifik. Tes soal keterampilan berpikir kritis, dan berpikir kreatif mendapatkan skor ≥75. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa perangkata pembelajaran untuk melatih berpikir kritis dan kreatif melalui pendekatan saintifik dikatakan praktis, efektif, dan valid.
Gov't Doc #: Kodeprodi#0210204#PendidikanGuruSekolahDasar
NIDN#0028109106
NIDN#0015097705
NIDN#0720098802
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106215
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.