Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105551
Title: Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam Terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Bhakti Sumekar Jember
Authors: ADENAN, Moh.Adenan
FEBIATILLAH, Syara Aulia
MUNIR, Akhmad
Keywords: kualitas pelayanan islam
assurance
emphaty
fasilitas pelayanan
reliability
responsiveness
loyalitas nasabah
Issue Date: 16-Dec-2021
Publisher: Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam...
Abstract: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah compliance, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan fasilitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada BPR Syariah Bhakti Sumekar Jember. Deskriptif kuantitatif digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah BPRS Bhakti Sumekar Jember yang berjumlah 2083 pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel compliance, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan fasilitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah BPR Syariah Bhakti Sumekar Jember. Urutan masing masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel fasilitas pelayanan memiliki koefisien sebesar 0,228, kemudian responsiveness 0,197, emphaty 0,186, reliability 0,179, assurance 0,157 dan variabel yang paling rendah adalah variabel compliance dengan koefisien regresi sebesar 0,156. Sehingga, untuk compliance perlu ditingkatkan dalam pemberian pelayanan, sehingga apabila kualitas pelayanan yang diberikan semakin baik, maka akan membuat nasabah menjadi loyal.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105551
ISSN: KODEPRODI810302Ekonomi Syariah
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FEB_ADENAN_JURNAL_Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam Terhadap Loyalitas.pdf656.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.