Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105367
Title: | Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socioscientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP |
Authors: | UTOMO, Anjar Putro NARULITA, Erlia BILLAH, Rizky Nur Izza |
Keywords: | Problem based learning Socio-scientitif issue Berpikir kritis |
Issue Date: | 20-Nov-2020 |
Publisher: | JIPVA (JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN) |
Abstract: | Rendahnya berpikir kritis siswa salah satunya dapat disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Puger. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,023 atau 0,023 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbasis socio-scientific issue berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. |
URI: | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105367 |
ISSN: | KODEPRODI210103#Pendidkan Biologi NIDN0005078004 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_ERLIA NARULITA_JURNAL_Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socioscientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP.pdf | 1.12 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.