Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105367
Title: Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socioscientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP
Authors: UTOMO, Anjar Putro
NARULITA, Erlia
BILLAH, Rizky Nur Izza
Keywords: Problem based learning
Socio-scientitif issue
Berpikir kritis
Issue Date: 20-Nov-2020
Publisher: JIPVA (JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN)
Abstract: Rendahnya berpikir kritis siswa salah satunya dapat disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Puger. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,023 atau 0,023 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbasis socio-scientific issue berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105367
ISSN: KODEPRODI210103#Pendidkan Biologi
NIDN0005078004
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.