Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socioscientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP
Date
2020-11-20Author
UTOMO, Anjar Putro
NARULITA, Erlia
BILLAH, Rizky Nur Izza
Metadata
Show full item recordAbstract
Rendahnya berpikir kritis siswa salah satunya dapat disebabkan oleh
penerapan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
problem based learning berbasis socio-scientific issue terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan
adalah true eksperimen dengan desain pretest- posttest control group
design. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2
Puger. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random
sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas
kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis
menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi
sebesar 0,023 atau 0,023 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbasis
socio-scientific issue berpengaruh signifikan terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa SMP.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]