Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105225
Title: | Pengembangan LKS Kelas 7 SMP Aritmetika Sosial dan Penggunaanya dalam Pembelajaran Blended Learning Tipe Flipped Classroom |
Authors: | HOBRI, Hobri AJENG KARTIKA PUTRI, Meilysa MURTIKUSUMA, Randi Pratama OKTAVIANINGTYAS, Ervin PAMBUDI, Didik Sugeng |
Keywords: | aritmetika sosial blended learning flipped classroom LKS |
Issue Date: | 1-Apr-2021 |
Publisher: | Edumatica |Jurnal Pendidikan Matematika |
Abstract: | LKS ini berjenis LKS terstruktur dan dikembangkan untuk Kelas 7 SMP dengan pokok bahasan Aritmetika Sosial dan penggunaanya dalam pembelajaran blended learning tipe flipped classroom. LKS ini didesain seperti aplikasi android dengan kodular. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKS aritmetika sosial dan penggunaanya yang valid, praktis dan efektif untuk kelas 7 SMP dalam pembelajaran blended learning tipe flipped classroom. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan LKS ini adalah Four D Model. Metode untuk melakukan penelitian ini berupa metode observasi untuk mengetahui keefektifan serta kepraktisan, metode tes dan metode angket digunakan untuk mengetahui keefektifan dari LKS.Penelitian ini menghasilkan LKS yang memenuhi kategori valid berdasarkan skor hasil validasi (3,6 dari 4,00) berdasarkan hasil dari validator. LKS ini diperoleh kesimpulan sangat baik dan dinyatakan praktis (94,73%) berdasarkan observasi aktivitas guru. LKS dengan pokok bahasan aritmetika sosial dan penggunaanya dalam blended learning tipe flipped classroom dikatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal (100%), observasi aktivitas siswa (96,88%) dan respon siswa (100%). |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/105225 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FKIP_JURNAL _Pengembangan LKS Kelas 7 SMP Aritmetika Sosial dan Penggunaanya_MEILYSA.pdf | 1.49 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.