Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104875
Title: Peranan Petirtaan Jolotundo untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah
Authors: NURHALIZZA, Mirza
PUJI, Rully Putri Nirmala
SOEPENO, Bambang
Keywords: Petirtaan Jolotundo
media audiovisual
kesadaran sejarah
Issue Date: 2-Dec-2019
Publisher: SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial
Abstract: Petirtaan Jolotundo merupakan salah satu peninggalan yang bersejarah dari Kabupaten Mojokerto, Petirtaan ini berupa bangunan candi sehingga sering disebut Petirtaan Candi Jolotundo. Pembelajaran sejarah membutuhkan inovasi seiring perkembangan zaman, diperlukan pengembangan media pembelajaran sehingga ada visualisasi guna mengoptimalisasikan pembelajaran yang ada di kelas. Media pembelajaran audiovisual menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah, media audiovisual menyajikan audio (suara) dan visual (gambar). Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterkaitan penggunaan media audiovisual terhadap kesadaran sejarah peserta didik dalam pembelajaran sejarah, untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan media audiovisual terhadap kesadaran sejarah peserta didik di dalam pembelajaran dan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan candi sebagai media audio visual terhadap kesadaran sejarah peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pemanfaatan video sebagai media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan kesadaran sejarah bagi peserta didik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104875
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_PERANAN PETIRTAAN JOLOTUNDO UNTUK_RULLY PUTRI.pdf804.5 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.