Peranan Petirtaan Jolotundo untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah
Date
2019-12-02Author
NURHALIZZA, Mirza
PUJI, Rully Putri Nirmala
SOEPENO, Bambang
Metadata
Show full item recordAbstract
Petirtaan Jolotundo merupakan salah satu peninggalan yang bersejarah dari Kabupaten
Mojokerto, Petirtaan ini berupa bangunan candi sehingga sering disebut Petirtaan
Candi Jolotundo. Pembelajaran sejarah membutuhkan inovasi seiring perkembangan
zaman, diperlukan pengembangan media pembelajaran sehingga ada visualisasi guna
mengoptimalisasikan pembelajaran yang ada di kelas. Media pembelajaran
audiovisual menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan dalam pembelajaran
sejarah, media audiovisual menyajikan audio (suara) dan visual (gambar). Tujuan
diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterkaitan penggunaan media
audiovisual terhadap kesadaran sejarah peserta didik dalam pembelajaran sejarah,
untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan media audiovisual terhadap kesadaran
sejarah peserta didik di dalam pembelajaran dan untuk mengetahui adanya pengaruh
dari penggunaan candi sebagai media audio visual terhadap kesadaran sejarah peserta
didik dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian yang dilakukan dengan
menggunakan penelitian kuantitatif dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Hasil dari penelitian ini dapat
diketahui bahwa pemanfaatan video sebagai media pembelajaran audiovisual dapat
meningkatkan kesadaran sejarah bagi peserta didik.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7330]