Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104850
Title: Berpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkahlangkah Polya
Authors: YUDIANTO, Erfan
DEWI, Niken Shofiana
SETIAWAN, Toto Bara
Keywords: profil berpikir
level deduktif
pembuktian teorema
van Hiele
Issue Date: 1-Apr-2021
Publisher: MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Abstract: Kemampuan membuktikan jarang sekali diasah dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, hal tersebut menjadi menarik ketika dikaji dan dikaitkan dengan level berpikir geometri van Hiele yaitu level deduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa level deduksi dalam membuktikan Triangle Proportionally Theorem dan konversnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Siswa level deduksi diberikan tes pembuktian teorema sebanyak dua soal, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui lebih dalam proses berpikirnya. Hasil yang diperoleh adalah siswa level deduksi mampu membuktikan teorema dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki baik mengenai unsur-unsur pangkal (titik dan garis), postulat kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga AAA, definisi sudut dan kekongruenan sudut, teorema kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga SAS~, corollary CSSTP dan CASTC. Hal ini terlihat dari hasil pembuktian yang diberikan dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa tersebut.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104850
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_ERFAN_BERPIKIR SISWA LEVEL DEDUKSI DALAM MEMBUKTIKAN TEOREMA.pdf2.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.