Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104850
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYUDIANTO, Erfan-
dc.contributor.authorDEWI, Niken Shofiana-
dc.contributor.authorSETIAWAN, Toto Bara-
dc.date.accessioned2021-06-22T02:58:16Z-
dc.date.available2021-06-22T02:58:16Z-
dc.date.issued2021-04-01-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104850-
dc.description.abstractKemampuan membuktikan jarang sekali diasah dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, hal tersebut menjadi menarik ketika dikaji dan dikaitkan dengan level berpikir geometri van Hiele yaitu level deduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa level deduksi dalam membuktikan Triangle Proportionally Theorem dan konversnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Siswa level deduksi diberikan tes pembuktian teorema sebanyak dua soal, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui lebih dalam proses berpikirnya. Hasil yang diperoleh adalah siswa level deduksi mampu membuktikan teorema dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki baik mengenai unsur-unsur pangkal (titik dan garis), postulat kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga AAA, definisi sudut dan kekongruenan sudut, teorema kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga SAS~, corollary CSSTP dan CASTC. Hal ini terlihat dari hasil pembuktian yang diberikan dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa tersebut.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherMATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKAen_US
dc.subjectprofil berpikiren_US
dc.subjectlevel deduktifen_US
dc.subjectpembuktian teoremaen_US
dc.subjectvan Hieleen_US
dc.titleBerpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkahlangkah Polyaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210191#Pendidikan Matematika-
dc.identifier.nidnNIDN0016038502-
dc.identifier.nidnNIDN0009125805-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_JURNAL_ERFAN_BERPIKIR SISWA LEVEL DEDUKSI DALAM MEMBUKTIKAN TEOREMA.pdf2.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.